Bimtek Peningkatan Kapasitas Pemeritahan Desa di Bali Dibuka

BALI ,SAPUNews.com – Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas Pemerintahan Desa dalam meningkatkan PADes dan Pembangunan Desa melalui Data dan Informasi dimulai pada tanggal 12 s.d 27 Oktober 2023 resmi dibuka.

Bimtek tersebut di buka langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Eko Prasetyanto di Hotel 100 Sunset provinsi Bali , Jumat (13/10/2023)

Yang mana, dalam pembukaan Bimtek tersebut dihadiri oleh Assisten bidang Pemerintahan dan Kesra H. Yudi Herzandi, Kanit Tipidkor Polres Musi Banyuasin Budi Mulya, Plt. Kepala Dinas PMD provinsi Sumatera Selatan Muhammad Senen, Kabid pembangunan dan ekonomi desa,Harbal Fijar, S. Pt, Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Bali Putu Anom Agustina, Kepala Kejaksaan Muba diwakili oleh Haryanto widjaja. Serta seluruh camat di wilayah kabupaten Musi Banyuasin.

” Pelaksanaan Bimtek bagi Kepala desa dan perangkat desa se- kabupaten Muba, diharapkan dapat menjadi upaya dalam meningkatkan kapasitas pemerintahan desa dan meningkatkan PADes serta pembangunan desa melalui data dan informasi. 

Tentunya , kegiatan Bimtek ini juga diharapakan menjadi ajang silaturahmi dan sinergi antar kepala desa dan perangkat desa untuk meningkatkan kegiatan ekonomi yang dapat memaksimalkan potensi kemajuan desa ,” jelas Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Dr. Eko Prasetyanto

Menurut Dr. Eko Prasetyanto, di era digital dan dinamis diharapakan kepada kepala Desa dan perangkat desa dapat lebih inovatif dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Dirinya juga mengungkapkan, sangat mendukung kegiatan seperti ini bisa, dilaksanakan setiap tahun oleh kabupaten- kabupaten diseluruh indonesia. 

“Dalam kegiatan bimtek ini hanya kabupaten Musi Banyuasin bisa melaksanakan kegiatan Bimtek Seperti ini. Diharapkan kabupaten lain bisa mencontoh seperti kabupaten Muba,” ungkap Dr. Eko Prasetyanto.

Sementara dalam kesempatan itu pula, Kabid Pembangunan dan Ekonomi Desa, Harbal Fijar, S.Pt menyampaikan, pihak nya sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek ini. Sebab, hal ini sangat penting dalam rangka membangun Desa untuk menjadikan desa Maju dan mandiri.

lanjut Harbal, pemerintah Desa mempunyai peranan yang sangat penting dalam membuat regulasi, menyerap aspirasi masyarakat serta peningkatan kapasitas Pemerintahan Desa dalam meningkatkan PADes dan Pembangunan Desa melalui Data dan Informasi.

” Mari kita berpikir bersama-sama, Saya berharap dengan adanya Bimtek dan Study Banding inilah dapat menambah pengetahuan sekaligus memberikan gambaran tentang berbagai gagasan terkait konsep, prinsip, dan strategi dalam mengelola desa,” tutupnya. (Dr/Adv)

Previous post Pj Bupati H Apriyadi Mahmud Lantik Didi Afrika Sebagai Pj Kades Sidorejo
Next post Tim Satpool Pol PP Bersama Kasi Trantib Amankan 3 Orang Tertangkap Tangan Meminta Uang Bermodus Sumbangan
error: Content is protected !!