sticky1-160×600
sticky2-160×600

STANDAR LANDASAN PACU BANDARA SINGKAWANG DIPERTANYAKAN

0 5

SINGKAWANG – Senin (18,02) Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi lakukan pencanangan bandar udara (bandara) baru Kota Singkawang di Kelurahan Pangmilang, Kecamatan Singkawang Selatan.

Pencanangan dilakukan dengan menekan tombol sirine. Tampak hadir dalam Pencanangan Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Wakil Wali Kota Singkawang Irwan, para pengusaha dari Jakarta dan masyarakat Kota Singkawang.

Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan dalam pembangunan bandara ini direncanakan memiliki panjang landas pacu ultimate 2.500 meter dengan pesawat yang masuk sekelas boing 737-900 ER.

 

- Advertisement -

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi sedang meninjau lokasi rencana pembangunan Bandar Udara di Singkawang
Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi sedang meninjau lokasi rencana pembangunan Bandar Udara di Singkawang

“Dan diperkirakan dapat menampung 50 Ribu penumpang per/tahunnya yang melayani masyarakat Kota Singkawang maupun kabupaten sekitarnya,” ujar Tjhai Chui Mie.

Chui Mie berharap selain melayani rute domestik, bandara Kota Singkawang ke depan dapat ditingkatkan menjadi bandara internasional. Sehingga para wisatawan mancanegara dapat langsung ke Singkawang tanpa harus transit melalui bandara lainnya.

“Harapannya bandara ini bisa bersinergi dengan bandara Supadio,” harapnya.

Dalam upaya percepatan pembangunannya, pemerintah pusat melalui Menteri Perhubungan telah mencanangkan baik untuk pembangunan dan pengelolaannya melalui proyek Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)

 

Proyek ini memungkinkan pembangunan bandara yang semula dapat memakan waktu yang lama dapat dipercepat melalui investasi atau pembiayaan pihak ketiga. Mekanisme persiapan pelaksanaan proyek KPBU akan mengikuti ketentuan perundangan undangan yang berlaku dan semoga dapat diselesaikan pada tahun 2019 ini.

“Kami harapkan pembangunan bandara Kota Singkawang dapat diselesaikan paling lama tiga tahun atau di masa jabatan saya dan Pak Irwan di tahun 2022,” harap Chui Mie.sementara ungkap Ismaela, tokoh masyarakat Laskar Pemuda Melayu Kalimantan Barat mempertanyakan klasifikasi standar lapangan terbang singkawang, apakah sudah memenuhi persyaratan Kementrian Perhubungan Udara.

Komentar
Loading...